Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT) PROVINSI KALTIM DIBENTUK
FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT) PROVINSI KALTIM DIBENTUK
FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT) PROVINSI KALTIM DIBENTUK

FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT) PROVINSI KALTIM DIBENTUK

Samarinda (25/04). Peraturan Presiden RI No. 46 tahun 2010 sebagaimana telah dirubah dengan Perpres No. 12 tahun 2012 tentang Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memiliki kewenangan untuk menyusun dan mengeluarkan kebijakan, strategi, sekaligus menjadi koordinator dalam bidang pencegahan, perlindungan, deradikalisasi  (soft approach), penindakan (hard approach), penyiapan kesiapsiagaan nasional, serta kerjasama internasional.

Sejalan dengan hal tersebut, dibidang pencegahan BNPT melakukan dua strategi pencegahan. Strategi pertama yaitu deradikallisasi yang ditujukan kepada kelompok inti dan militan dengan melakukan sinergi bersama tokoh agama, para pakar akademisi dan unsur terkait lainnya. Strategi kedua yaitu kontra radikalisasi/penangkalan ideologi yang dilakukan kepada seluruh elemen masyarakat, pelatihan anti radikal-terorisme kepada ormas serta Training of Trainer (ToT) kepada sivitas lembaga pendidikan keagamaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menguatkan kewaspadaan dini masyarakat terhadap penyebaran paham radikal terorisme sekaligus menguatkan wawasan kebangsaan khususnya kepada pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Khusus di seluruh wilayah Indonesia, salah satu implementasi pencegahan terorisme yang dilakukan oleh BNPT adalah dengan membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di daerah.

fkpt-1

Pada hari Rabu (24/04) Rapat Koordinasi Pembentukan FKPT di Provinsi Kalimantan Timur digelar di Hotel Bumi Senyiur Samarinda dengan agenda pembentukan FKPT Provinsi Kaltim yang telah berhasil memilih pengurusnya yakni Dr. Hasyim Mi’radje, M.Si Kepala Kesbang Pol Provinsi Kaltim sebagai Ketua FKPT Provinsi Kaltim, H. Ahmad Jubaidi, M.Si sebagai Sekretaris dan Ir. Hj. Nur Andriani sebagai Sekretaris. Acara dilanjutkan dengan perumusan Visi, Misi dan Program Kerja jangka pendek.

Kemudian pada hari Kamis (25/04) masih di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan pengurus FKPT Provinsi Kaltim yang di lakukan oleh ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol (Purn.) Drs. Irsaad Mbai dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim Drs. H. Farid Wadjdy, M.Pd, Kajati Kaltim, perwakilan dari Polda Kaltim, tokoh agama, tokoh ormas, tokoh media, para pakar akademisi dan unsur terkait lainnya. Sedangkan dari Kodam VI/Mulawarman di hadiri oleh Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Czi Andi Kaharuddin dan Kapendam VI/Mlw Kolonel Inf Kolonel Inf Legowo W.R. Jatmiko, S.IP, dan Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Inf Aminullah mewakili Pangdam VI/Mlw. 

Sementara itu Deputi Satu Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Agus Surya Bakti pada Rakor sehari sebelumnya memaparkan bahwa Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) merupakan forum yang bersifat non-partisan, sehingga kehadirannya mampu menjalin koordinasi yang terpadu dan integratif serta merangkul seluruh elemen masyarakat. Koordinasi dan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat/tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi kemasyarakatan, unsur TNI/Polri, media massa serta sivitas akademika merupakan determinan dalam upaya bersama mencegah berkembangnya radikal terorisme di daerah. 

Dengan pembentukan FKPT Provinsi Kaltim yang merupakan Provinsi ke 20 dibentuk ini, diharapkan masyarakat kita yang majemuk dan dikenal tenggang rasa yang kuat, semakin menyadari bahwa pencegahan terorisme bukan tugas dari institusi pemerintah, Polri dan TNI semata, tetapi juga tanggung jawab bersama dari seluruh komponen masyarakat itu sendiri. “Dibutuhkan komitmen kuat, dukungan dan kerjasama antar institusi negara yang berjalan simultan dengan meningkatnya kesadaran dan kewaspadaan untuk secara aktif memperkuat ketahanan masyarakat terhadap ancaman menyebarnya ideologi dan aksi kelompok radikal terorisme” pungkasnya. (Penrem 091/ASN)

Tentang admin

Kemampuan saya mencari sumber berita yang aktual, memukau dan dapat dipercaya kredibilitasnya, membuat saya bergabung dengan JalanDamai ini. Saya memberikan informasi yang independen dan konsisten dengan Perjuangan.